Jumat, 30 Januari 2015

Review lageeeeeee... review lageeeeeeeee...

Yang terpenting di analisa kita ini pertama kali adalah kita mengetahui kondisi atau keadaan harga yang bergerak saat ini. 

Harga ini sedang ngapain ? 
Harga ini bergeraknya bagaimana saat ini? 
Trending atau consolidation ? 
Jika Trending, harga saat ini Trending Up atau Trending Down ? 
Dan jika Consolidation apakah ini Retrace, Continuation atau Ranging ?

Sekarang saya akan mencoba untuk membantu temen-temen bagaimana melihat kondisi-kondisi ini dengan cara lain. Dibelakang saya ada mencontohkan untuk melihat kondisi ini dengan menggabungkan seluruh BB & MA yang kita gunakan berdasarkan beberapa titik acuan dalam satu chart. Cara ini mungkin tidak semua orang bisa cepat memahaminya. Ada yg bisa ada yang tidak. Wajar sekali, karena setiap orang punya cara yang berbeda-beda dalam memahami sesuatu.

Sumber: http://www.forexindo.com/forum/threads/belajar-menganalisa-chart-ala-kg.95/page-626#post-53819

Kebetulan ada cukup waktu saya coba baca-baca postingan temen-temen di halaman-halaman belakang thead ini. Menarik dan membuat saya kembali berpikir untuk menemukan cara lain agar temen-temen semuanya bisa memahami analisa ala KG di thread ini dengan menggunakan BB. Banyak kendala saya lihat di temen-temen untuk memahami apa yg sudah saya bagikan ini. Kendala yang paling penting dan bisa saya simpulkan dari komentar, uneg-uneg, dan postingan temen-temen adalah bahwa setiap orang atau setiap individu memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap segala sesuatu yg dia dengar, dia baca, dia lihat atau dia rasakan. Persepsi ini idealnya sama, jadi seharusnya apa yg saya maksudkan atau apa yang ingin saya sampaikan seharusnya sama dengan yg diterima temen-temen. Tetapi kenyataannya persepsi temen-temen berbeda-beda.

Siapa yang salah ? jelas saya yang salah karena saya tidak mampu menjelaskan atau menguraikan apa yang saya maksudkan sehingga dapat diterima oleh semua orang dengan latar belakang, pendidikan atau intelegensi apa pun. Saya gak mampu mengungkapkan apa yang saya maksudkan dengan bahasa yg mampu di terima semua orang. But, it's ok. Artinya saya mesti belajar lagi untuk bisa mengungkapkan segala sesuatu yg saya ingin sampaikan dengan benar sehingga mampu diterima oleh semua orang dengan latar belakang, jenis, umur apa atau berapa pun. Jadi kalo temen-temen merasa belum bisa memahami apa yang saya sampaikan melalui thread ini, jangan merasa bodoh.. Anda tidak bodoh, tetapi saya yang bodoh karena tidak mampu menyampaikan apa yang saya maksud.

OK.. Apa sih yang paling penting dalam analisa kita di thread ini (asumsi saya ngomong gini, Anda sudah membaca thread ini) ? 

Yang terpenting di analisa kita ini pertama kali adalah kita mengetahui kondisi atau keadaan harga yang bergerak saat ini. Harga ini sedang ngapain ? Harga ini bergeraknya bagaimana saat ini? Trending atau consolidation ? Jika Trending, harga saat ini Trending Up atau Trending Down ? Dan jika Consolidation apakah ini Retrace, Continuation atau Ranging ? Kondisi ini ibarat cuaca, jadi kita mencoba mengenali, mengetahui cuaca saat ini dulu, baru nanti kita akan menggunakan ban jenis apa yang akan kita gunakan untuk balapan di Formula 1 (F1) teramasuk teknik mengendarainya pun akan berbeda saat hujan atau cerah.. hehehehe kalo kita ibaratkan balap mobil lah...

Nah bagaimana kita mengenali kondisi-kondisi ini ? Di thread ini saya mencoba menerangkan bagaimana kita dapat mengenali kondisi-kondisi ini dengan menggunakan BB & MA saja. uraiannya sudah panjang lebar saya tulis di thread ini.

Sekarang saya akan mencoba untuk membantu temen-temen bagaimana melihat kondisi-kondisi ini dengan cara lain. Dibelakang saya ada mencontohkan untuk melihat kondisi ini dengan menggabungkan seluruh BB & MA yang kita gunakan berdasarkan beberapa titik acuan dalam satu chart. Cara ini mungkin tidak semua orang bisa cepat memahaminya. Ada yg bisa ada yang tidak. Wajar sekali, karena setiap orang punya cara yang berbeda-beda dalam memahami sesuatu. Kemudian, beberapa waktu yg lalu saya juga sudah mencontohkan untuk mengamati kondisi-kondisi ini dengan menggunakan dua titik acuan berbeda pada beberapa Time Frame. Cara ini pun ternyata tidak semua orang bisa memahami apa yang coba ingin saya sampaikan melalui thread ini. Sekali lagi, ini wajar banget.. karena orang punya cara melihat yg berbeda-beda.

Sudah dua cara saya perlihatkan agar temen-temen bisa memahami apa yang saya maksud, tetapi tetap ternyata masih banyak yg belum 'ngeh juga. No problem, artinya saya harus memikirkan cara lain lagi agar yang belum bisa memahami apa yang saya maksud dengan dua cara terdahulu bisa memahaminya juga.

Ok, sekarang kita coba dengan cara yang lain agar temen-temen yang belum memahami konsep dasar di thread ini bisa paham juga. Begini, coba close seluruh chart yg terbuka di MT4 anda saat ini. Lalu buka pair GBPUSD dengan Time Frame H4, H1, M30 dan M15. Jadi di MT4 anda saat ini hanya ada 4 chart dengan Time frame berbeda (mata uang nya sama).

Sekarang pasang BB bulanan di Time Frame H4 dengan standard deviasi 1,2 dan 3. Lalu di H1 anda pasang BB mingguan dengan standard deviasi 1, 2 dan 3. kemudian di M30 anda pasang BB harian dengan standard deviasi 1,2, dan 3 juga. Dan terakhir anda pasang BB 8 jam-an di time frame M15. jadi masing chart dengan time frame berbeda-beda tersebut terdapat BB acuan yang berbeda-beda.

Sekarang, set tampilan chart anda dengan Tile Vertically (Click Window di MT4 anda lalu pilih Tile Vertically). Dan di MT4 anda tersebut, ke empat chart ini akan terpampang empat-empatnya.

Tugas anda adalah, amati dan kenali pergerakan harga di masing-masing TF tersebut dengan pemahaman yang sudah anda peroleh di thread ini. Coba amati perbedaan perbedaan pada masing masing TF tersebut dan cari korelasinya... gunakan pemahaman anda selama membaca thread ini untuk mengamati dan mengambil kesimpulan.

Apa yang harus diamati?

  • Lihat bentuk upper dan lower BB di setiap TF (acuan)
  • Lihat kemiring middle BB disetiap TF (acuan)
  • Lihat posisi harga disetiap TF (acuan)
  • Ambil kesimpulan
  • Sampai sini aja dulu

Saya tidak akan memposting chartnya... jadi saya harap siapapun yg membaca ini mau memposting chartnya dengan setup yg saya uraikan di atas dan mencoba melihat dan mengenali kondisi-kondisi yg terjadi. Hanya GBPUSD.. ok...

Thanks

KG