Jumat, 30 Januari 2015

Mengamati Sesuatu yang Bergerak

ketika tarzan tersesat di hutan lebat kehilangan arah pulang kandang... tarzan kemudian naik ke tempat yang cukup tinggi... di tempat yang tinggi tarzan kembali menemukan arah yang tadinya hilang.

teman-teman trader yang berlangganan dengan loss karena kehilangan arah yang jelas... sebaiknya mengikuti cara tarzan menemukan arah yang tadinya hilang... tidak perlu naik ke pohon atau bukit yang tinggi... gunakan saya time-frame yang lebih besar misalnya ha empat... itu sudah cukup tinggi jika teman-teman membuka posisis di lima belas menitan...

cobalah...

Sumber: http://pemulafx.blogspot.com/2014/11/bagaimana-melakukan-pengamatan-terhadap.html

Seperti kita ketahui harga itu dinamis, tidak statis, bergerak terus. Sebagai seorang trader kita akan mengamati harga itu, itu artinya kita akan mengamati sesuatu yang bergerak, bagaimana ya mengamati sesuatu yang bergerak? Saya ingat waktu berdiri ditepi jalan, ada mobil lewat, saya diem melihatnya, ketika dekat saya bisa melihat dengan jelas warna dan tampang mobilnya, ee begitu bergerak dia semakin jauh warnanya, bentuk dan tampang mobilnya semakin tidak jelas dan akhirnya menghilang. Ketika kita diam di tepi jalan kemudian mengamati kendaraan yang lewat (bergerak), ketika kendaraan dekat di depan ketika semua terlihat jelas, semakin lama semakin jauh (walaupun kita masih dapat melihatnya) dan informasi yang kita tangkap tidak sama dengan ketika kita melihat kendaraan di dekat kita.
Ini berarti kalau saya mengamati harga yang begerak (mobil melaju) dari titik statis atau diam (berdiri ditepi jalan), lama kelamaan saya akan kehilangan informasi kondisi harga sesungguhnya (warna, bentuk mobil).

Saya teringat waktu nonton di TV teknik pembuatan adegan di film-film, ketika ada adegan yang bergerak, misal pemainnya bertarung diatas kereta api yang melaju atau bertarung diatas mobil yang melaju, kameranya diletakkan di tempat khusus yang memiliki rel yang disebut Dolly Track, sehingga kameranya ikut bergerak terus mengambil adegan film. Seandainya kameranya gak ikut gerak, bayangkan adegan film gak akan tertangkap secara detail. Berarti jika mengamati sesuatu yang bergerak, agar apa yang kita lihat jelas, maka tempat kita berdiri melakukan pengamatan jugalah harus bergerak terus mengikuti gerak sesuatu yang diamati tersebut.

Kesimpulannya mengamati harga yang bergerak maka kita mesti gunakan titik acuan atau titik pengamatan yang ikut bergerak, titik tempat kita melakukan pengukuran bergerak untuk mengukur sesuatu yang bergerak.

Dalam perjalanannya sesuatu yang bergerak tentu mempunyai tujuan, seperti mobil bergerak di jalan, ataupun kendaraan yang bergerak di jalan, tentu mempunyai tujuan, meskipun kita tidak tahu pasti tujuannya setidaknya kita punya prediksi-prediksi tempat-tempat yang akan dilewati atau dilalui.

Kita cerita dulu dikit ya sambil santai-santai he he he. Pengalaman saya pertama kali dulu waktu masih sekolah di SD, diajak oleh orang tua pergi ke kota, saya gak tahu jalan waktu itu, karena memang tidak pernah ke kota, maklum saya anak desa, saya hanya ingat kendaraan yang ditumpangi melewati persawahan yang luas, terus rumah-rumah banyak di kanan kiri jalan. Bahkan saya sendiri bingung apakah kendaraan yang saya tumpangi bergerak ke utara atau selatan atau timur atau barat. Seingat saya, tiba-tiba sudah sampai di kota yang ramai, dan tak tahu arah mata angin. He he jadinya biar saya gak tersesat saya gak boleh pergi jauh-jauh dari orang tahu. Maklum gak tahu jalan pulang.

Setelah menjelang kenaikan kelas atau rapotan waktu itu, kami, saya dan teman-teman saya di SD diajak bertamasya, ke sebuah perbukitan, dataran tinggi ini. Dari bukit yang cukup tinggi itu saya bisa melihat pemandangan luas terhampar sawah-sawah, jalan-jalan, dan rumah-rumah bertebaran di sana sini. Dan kebetulan dari bukit itu terlihat jelas kelak-kelok jalan menuju ke kota. Guru kami menjelaskan kalau mau ke kota lewat jalan itu yang kelak keloknya terlihat jelas, kata bu Guru waktu meskipun saya tidak bisa sangat detail mengingat kata-katanya, tetapi menurut Bu Guru kalau mau ke kota kami harus ikuti jalan terus ke timur itu, sampai di persimpangan terus lanjut keselatan (sambil tangan bu Guru menunjuk-nunjuk jalan yang dimaksud), setelah lewat persawahan lanjut terus ke selatan, sampe jalur masuk ke kota, melewati banyak perumahan, dan akan sampailah ke kota.

Saya teringat sebelumnya waktu ke kota bersama orang tua, waktu kebingungan tiba-tiba rasanya sudah sampai di kota, cuman tahu kondisi kota yang ramai, tapi perjalanannya saya gak tahu. Akhirnya dengan cerita bu Guru saya jadi tahu posisi perjalanan saya saat menuju ke kota, apa-apa yang dilewati, dimana kendaraan sempat berhenti, akhirnya kebingungan arah perjalanan saya teratasi waktu itu. Dari puncak bukit itu saya melihat gambaran besar perjalanan saya waktu ke kota bersama orang tua.

Kesimpulan saya, untuk mengamati sesuatu yang bergerak, supaya kita mendapat pemahaman menyeluruh selain kita harus bergerak mengikuti sesuatu yang bergerak itu, kita juga harus paham gambaran besar atau garis besar perjalanan dari sesuatu yang bergerak itu, kira-kira akan berhenti dimana, akan melewati apa dan lain sebagainya. Kita bisa melihatnya dengan dari titik pengamatan dengan frame yang lebih luas.

Contoh kasus lain misalnya saat kita menggunakan panduan google maps untuk mencari suatu alamat, untuk tahu agak detail posisi yang kita cari kita lakukan zoom in, sehingga kondisi-kondisi di sekitar lokasi tempat tujuan kita ketahui, dekat jalan apa, dekat bangunan apa, kanan atau kiri jalan dan lain sebagainya. Kemudian kitapun mikir kalau saya berangkat dari jalan A kemana saja jalurnya untuk sampai ditempat itu, kemudian kita zoom out, untuk melihat detail jalan yang mesti kita lalu, membelok dimana, di persimpangan B pilih jalur mana dan lain-lain.

Nah kembali ke masalah pengamatan kita sebagai trader, mengamati harga yang bergerak dinamis , kurang lebih prosesnya seperti kasus-kasus diatas, lihat atau amati gambaran kecilnya secara detail, kemudian lihat gambaran besarnya, sehingga memberikan pemahaman lebih lengkap tentang kondisi yang terjadi pada harga tersebut.